Lo pernah ngga ngerasain lamanya di perjalanan naik kereta? berapa jam? paling ga lebih dari 5 jam. *sotoy*
Di tulisan ini gw bakal kasih tips apa yang bisa lo lakuin saat lo dalam perjalanan berjam-jam naik kereta. Berjam-jam bukan sekedar 5 jam atau 6 jam, tapi 15 jam! Yak kebayang kan selama 15 jam itu lo diem di kereta, pasti bosen mau ngapain selain tidur, kalo lo bisa tidur, kalo ngga bisa?

Gw mau bagi tips pengalaman gw kemaren perjalanan 15 jam pergi dan 15 jam pulang atau 30 jam pulang pergi naik kereta ke Malang. Awalnya ga kebayang gw naik kereta 15 jam, ini pertama kalinya seumur hidup gw naik kereta selama 15 jam, ekonomi pula. Meskipun kereta ekonomi sekarang udah lumayan enak karena ber-Ac, tapi tetep aja kursinya bikin pantat lo pegel, keram, dan posisi kepala pun buat tidur pasti ga enak, tapi kemaren gw nikmatin perjalanan kereta itu. Hahahaha.

Sebelum berangkat, gw sempet mikir dulu nanti gw dikereta bakal ngapain ya selama 15 jam selain tidur? Atau apa aja yang harus gw bawa buat perbekalan dikereta?
Tanpa gw googling alias inisiatif gw sendiri, gw dapet ide barang apa aja yang wajib gw bawa plus manfaatnya. 

Okey langsung aja ya...

1. GADGET

Ini wajib gw bawa! Gadgetnya bukan sembarang Gadget gaesss, Gadget yang gw maksud bukan sekedar HP, gw kemarin bawa TAB! Buat apa? Buat nonton!!! Yak buat nonton drama korea karena gw pecinta drama korea. Kenapa gw saranin nonton drama Korea? Karena Kalo lo nonton drama Korea yang kebanyakan 16 episode itu, gw jamin perjalanan lo ngga akan berasa! Ya ini buat yang suka drama korea, buat yang ga suka, alangkah baiknya lo download movie apapun yang lo suka. Dan jangan cuma download 1 movie, pastiin downloadnya itung sama total perjalanan lo pulang pergi. Misalnya 1 movie berdurasi 2 jam. Sekali pergi 15 jam. Lo bagi tuh 15 jam bagi 2 jam, jadi total movie buat sekali jalan adalah 7. Berarti sama pulangnya 14 movie. Download aja dulu, ditonton atau ngga nya kan urusan belakangan . Mwahahahaha.

Buat yang ga suka nonton, bisa dengerin musik atau main game, tapi jangan kelamaan dengerin musik ampe 15 jam, budeg lo yang ada! Hahahaha 

Dan kenapa harus tab? Ga wajib juga sih, hp yang bisa nonton juga gpp, asal jangan bawa laptop, berat anjiirrrr. Dan pastiin hp atau tab lo memory nya cukup buat simpen banyak file. 

2. COLOKAN

Gw ga tau ini apa sebutannya, gw cm tau nya colokan yang bisa muat beberapa charger , udah gitu aja. Ini sih wajib banget buat lo yang suka traveling ga cuma perjalanan naik kereta. Karena colokan ini dibutuhin banget buat para traveler, kalo dikereta lo wajib banget nyolokin ini karena nanti ga lucu kalo pas lo lagi nonton tiba2 lowbat, dan orang yang duduknya sebangku sama lo ga ngebiarin lo buat gantian make colokannya. Lo tau kan tempat duduk kereta ekonomi itu cuma ada 2 colokan dan orangnya bisa lebih dari 4. Kalo sampe ga bawa, mati kutu deh lo. Dijamin!

3. CHARGER

Yak masih berhubungan sama Gadget, ini sebenernya sepaket sama Gadget sama colokan sih. Tapi alangkah baiknya gw tulis lagi karena siapa tau pada lupa bawa charger. Sebelum berangkat pastiin ini jangan sampe ketinggalan ya gaaess !

4. EARPHONE 

Ini juga harusnya sepaket sama charger sama Gadget sih, tapi kalo ini ketinggalan kan ga lucu, secara dikereta berisik, dan kalo nonton ga pake ini ga bakal kedengeran suaranya. Jangan sampe ketinggalan ya. 

5. BANTAL LEHER

Ini sih wajib banget dibawa,  bagi yang belom pernah ngerasain naik kereta ekonomi 15 jam, gw saranin lo wajib bawa ini barang! Kalo ga punya beli! Atau pinjem sama temen. Karena gw yakin lo bakal sengsara kalo ngga bawa ini. Lebay bgt deh! Eh tapi beneran gw ga boong! Gw kemaren untungnya bawa, jadi leher gw ga sengklek2 amat :(

6. PENUTUP MATA

Ini juga wajib bgt lo bawa, apalagi buat orang yang ga bisa tidur kalo lampu dalam keadaan nyala, Yakali dikereta lampunya lo matiin! Dikata kamar lo sendiri. Kalopun lo ga bawa masih ada alternatif lain yaitu kacamata hitam. Jangan lupa bawa dua-duanya ya. Kalo ga punya ya beli salah satu aja biar hemat budget. Tapi buat gw kacamata juga wajib sih, soalnya gw kan suka nangis-nangis ga jelas kalo lagi nonton drama korea, daripada dikira gila diliatin sama orang, mending gw nonton pake kacamata. Ye kan? :p

7. MASKER

Begitupun masker, gw sih bawa karena gw ga tahan sama AC, karena kalo idung gw kedinginan, sinus gw kumat. Tapi ga cuma buat orang sinus koq wajib bawa masker. Lo juga wajib bawa, jaga-jaga barangkali di kereta ada yang bau ketek. Hoekkkkss. Ga kebayang kan lo 15 jam nahan nafas di kereta? Gw sih ogah. Bisa mati gw kalo nahan bau ketek.

Selain buat nutupin bau ketek, masker juga berguna buat nutupin ekspresi lo pada saat nonton film, Yakali lo ketawa-ketawa cengengesan trus diliatin orang yang duduk depan lo, dikira gila yang ada. Seenggaknya kalo pake masker kan mau lo melet kek, atau pas tidur lo mangap, atau ileran jadi ga malu diliatin orang. Bhahhahahha

8. MAKANAN DAN MINUMAN

Selama 15 jam dikereta, selain nonton gw sih kebanyakan ngemil. Karena gw emang hobby ngemil. Sebelum naik kereta, gw prepare lebih banyak soal ini. Masak beberapa makanan dan bekel nasi dari kosan, plus belanja beberapa cemilan di mini market, karena kalo di kereta lumayan mahal. Kalopun murah pasti pop mie, ga mungkin makan pop mie terus, yang ada gastritis gw kumat. Buat lo yang doyan ngemil kaya gw, alangkah baiknya Prepare makanan dan minuman ya buat di kereta. Jangan sampe kelaperan karena budget ga cukup beli makan di kereta tapi ga bawa bekel. Hehehe

Paling segitu aja tips dari gw tentang beberapa yang harus lo bawa dan perhatiin buat perjalanan panjang naik kereta. Semoga bermanfaat yaaa.