Yeay !!! Satu bulan lebih lagi gw, Gita, dan Jul bakalan backpacker ke Lombok dengan rute Jogja - Banyuwangi - Bali - Lombok (padahal masih lama banget, berhubung gw excited jadi maklum lah ya). Rencana ini sebenernya awalnya usul dari Jul yang sebenernya adalah temen si Gita, dan gw baru kenal beberapa bulan yang lalu saat kita ngerencanain backpackeran ini. Kebetulan banget gw emang lagi pengen ke Lombok dan Gili Trawangan, tapi niat itu belum kesampaian. Pas gw ditawarin buat backpackeran kesana, spontan gw langsung mengiyakan ajakan mereka.

Karena backpackeran itu membutuhkan waktu yang lumayan lama, karena setelah gw googling ternyata ke Bali dan Lombok gaperlu naik pesawat pun sebenernya bisa, bahkan biaya transportasinya pun jauh lebih murah, tapi membutuhkan waktu yang lumayan lama. Karena gw emang suka yang namanya backpacker, perjalanan yang lama pun ga jadi masalah buat gw. Justru disitulah serunya.

Akhir bulan Desember yang lalu gw ke Bandung buat ketemu Gita dan Jul, karena mereka berdua stay disana dan gw di Jakarta sendiri. Gw kesana selain silaturahmi (karena gw sama Gita udah bertahun-tahun ga ketemu), juga ngobrolin tentang obrolan backpackeran nanti. Sempet bolak-balik cek tanggalan, dan bingung nentuin waktu keberangkatan, karena bulannya harus sesuai dengan jadwal kita bertiga yang ga gampang buat cuti lama, backpackeran ini membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih seminggu. Dan akhirnya terjadilah kesepakatan waktu yang cocok buat kita berangkat yaitu awal bulan April (2-10 April 2016) dengan rute pertama yang kita datengin yaitu Jogja 1 hari (nginep satu malem), kemudian dilanjut mampir ke Bali 2 hari (nginep 1 malem), kemudian yang terakhir ke Lombok 4 hari (1 hari di Mataram, 3 hari di Gili Trawangan) balik ke Jakarta dari Bandara Lombok.

Berikut beberapa persiapan backpackeran ke Lombok :

1. Tiket kereta Api dan Tiket Pesawat

Persiapan backpackeran kali ini yang paling penting adalah tiket kereta api ke Lempuyangan (Jogjakarta) dulu, karena perjalanan dimulai dari Jogja. Dan karena tiket kereta dari Pasar Senen Jakarta jauh lebih laris daripada dari Bandung, gw ngusulin ke Gita dan Jul supaya beli tiket kereta ke Lempuyangan dulu. Setelah itu baru kita tentuin beli tiket kereta Lempuyangan - Banyuwangi Baru, dan tiket pulang Lombok - Jakarta. Dan kemudian belilah kita tiket kereta api ke Lempuyangan dengan keberangkatan tanggal 2 April 2016 malam. Gw berangkat sendiri dari Jakarta, sedangkan Jul dan Gita berangkat dari Bandung. Dan kita mutusin buat ketemuan disana langsung. Berhubung gw udah biasa naik kereta sendiri jadi it's ok lah gw ga masalah. Dan tiket kereta api Lempuyangan - Banyuwangi Baru tanggal 4 April 2016, serta tiket pesawat kepulangan dari Lombok - Jakarta tanggal 10 April 2016.

2. Penginapan

Setelah tiket kereta api ke Lempuyangan sudah dibeli, kemudian gw googling penginapan selama di Lombok, dan ketemulah penginapan yang sesuai budget kita yaitu Di Viktor Hotel di Mataram daerah Cakranegara (1 malam) dan langsung gw reservasi by phone 081907092188 dan Pondok Linda di Gili Trawangan (2 malam) langsung gw booked di Booking.com. Untuk penginapan di Bali gw menginap di Sandat Legian Hotel , sedangkan di Jogja kita rencananya mau on the spot karena jauh lebih murah dan karena kita ke Jogja sebenernya cuma numpang transit aja karena kereta Sri Tanjung ke Banyuwangi baru berangkatnya jam 7 pagi, sedangkan kereta yang gw tumpangi dari Jakarta datangnya jam 7 pagi juga, alhasil ga keburu. Dan kita mutusin buat nginep dan jalan-jalan seharian di Jogja sebelum besok paginya kita lanjut ke Banyuwangi.

3. Itinerary

Untuk yang satu ini paling gw suka, perjalanan kali ini gw yang bikin itinerary, cari penginapan, nentuin tempat yang akan dikunjungi di Lombok nanti, dan juga itung budget dari Penginapan, makan, dan transportasi. Serta informasi cara dari dan menuju tempat yang kita tuju. Jul sama Gita sih katanya terima beres aja :D

4. Budget

Budget itu Uang. Ya iyalah uang, ga ada uang mana bisa jalan. Hahahahaha.
Berdasarkan perhitungan gw selama bikin itinerary dan perhitungan budget total yang harus dibawa untuk Backpacker kali ini gw mutusin buat cuma bawa uang Rp. 2.500.000 selama seminggu ! "emang cukup?" Cukup ga cukup harus dicukupin! oke We'll see yaaa. abisnya berapa nanti bakal gw shared diblog pengeluaran selama backpackeran. :p

5. Tas Backpack

Namanya juga backpacker ya harus pake tas backpack dong ya, ga mungkin selama perjalanan gw geret-geret koper, nangis duluan yang ada. Berhubung selama ini gw selalu pinjem tas ransel temen kalo backpackeran, kali ini gw mutusin buat beli. Gw harus beli dan wajib punya! Dan karena akhir bulan desember lalu gw dapet voucher dari Matahari Mall jadinya ya gw pake deh vouchernya, rezeki anak backpacker yaa. hehehe.

6. Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan Pribadi yang dimaksud adalah macam-macam jenisnya, misalnya pakaian, masa mau pake baju itu-itu aja. Tips dari gw bawalah pakaian yang bahannya ga berat, plus warnanya natural atau misalkan bawa kaos warna hitam, cokelat, atau putih. Jenis pakaian yang bakal gw bawa nanti yaitu kaos hitam 2 pcs, kaos putih 1 pcs, leging 1 pcs, hot pants 1 pcs, jumpsuit 2 pcs, serta pakaian yang gw pakai saat perjalanan yaitu jeans panjang, kaos dan sweater. Gausah bawa jeans lagi ya saran gw, karena akan menghabiskan banyak tempat didalem ransel. Gw cuma bawa 1 jeans yang dipakai aja buat selama perjalanan. Dan jangan lupa bawa bikini dan daleman. kan mau mantaaaaaaaai :D
Untuk alas kaki gw nanti mutusin cuma pake sendal sepatu plus bawa sendal jepit, biar ga menuhin ransel. Dan juga gw ga lupa bawa kaos kaki, karena dikereta pasti dingin banget. Selain pakaian, gw juga bawa obat-obatan buat selama diperjalanan nanti, misalnya koyo, fresh care, promaag, antimo, dan tolak angin. Karena gw kadang-kadang suka mendadak ga enak badan. Tapi semoga perjalanan kali ini lancar, sehat terus, dan menikmati. Amin. Dan yang terakhir bawa perlengkapan mandi atau alat make up, karena gw cewek masa ga make up. Backpacker juga harus tetep eksis. Siapa tau ketemu jodoh sesama traveler juga kan dijalan? hahahaha *ngarep

Ya itulah beberapa persiapan menjelang backpackeran, segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang, persiapan paling penting buat backpackeran sebenernya kesehatan. Kalau sehat segala sesuatunya pasti berjalan lancar. Semoga Gw, Gita, dan Jul tetep dikasih kesehatan sampe hari H tiba. Amin. Can't wait !!!!!!

Tunggu cerita serunya nanti yaaaa. jangan bosen-bosen baca blog gw, karena cuma diblog ini gw ceritain semua pengalaman traveling gw (berasa artis banget berharap dibaca) :p