Tanggal 12 September 2016

Hari senin bangun siang, soalnya semalem rada capek badan sama capek hati. Hari ini hari paling menyedihkan dalam hidup gw (cerita ini agak lebay tapi bikin gw lega). Gimana ngga sedih, terjadi drama paling menyebalkan dan menyedihkan dalam hidup gw hari ini. Disaat orang-orang ngerayain lebaran haji bareng keluarganya sambil makan sate kambing, gw di negeri orang sendiri kesepian. Ditambah berantem hebat sama sahabat yang udah 8 tahun sahabatan, travel mate gw, udah gw anggep saudara sendiri, bahkan keluarganya pun baik sama gw dan udah gw anggep keluarga gw sendiri. Tapi yaudahlah pelajaran hidup, beberapa kali traveling bareng dia baru kali ini berantem hebat sampe bikin gw ngerasa ga dianggep "ada".

Sejujurnya, gw tipe yang mendem amarah, dan akan ada saatnya amarah gw meledak, tapi saat itu terjadi semuanya bisa hancur berantakan. suer ! itulah gw. Sebenernya dari Phuket juga gw udah rada ga enak hati sama dia, cuma gw tahan diri buat ga marah dan ga ngerusak acara liburan, sampe kejadian di Chatuchak pun sebenernya gw ga mau bahas. Dibilang marah iya gw marah, kesel apalagi, tapi yaudahlah mau gimana lagi, cuma bisa mendem.

Semalem pas gw balik ke hostel mereka ngejelasin ke gw kenapa ga ke tempat makan yang gw janjiin, alasannya katanya nyasar, it's oke gw nerima dan gw ga bahas. Terus malem-malem pas lagi pada baringan dikasur masing-masing tiba-tiba mereka bilang "Ga usah jadi ke Pattaya ya, badan masih perih bekas kepanasan di Phuket" it's oke kalau emang ga jadi ke Pattaya gw masih nerima, karena ke Pattaya pun sebenernya gw cuma mau ke Coral Island aja, kalaupun di trip kali ini ga kesampean yaudah next trip kalo ada kesempatan lagi ke Thailand gw bakal kesana.

Tapi tiba-tiba nyeletuk lagi "Cun, kita orang ga jadi ke Santorini Park, lo pergi sendiri gpp ya? Duit kita tinggal 2000 baht lagi abis dipake belanja buat jualan". Tau ga denger mereka gitu rasanya kaya apa ? gondoooook shaaaaaaaaaaay.. Oke ke Pattaya ga jadi, tapi masa iya ke Santorini Park juga ga jadi??? lah terus 3 hari di Bangkok gw mau ngapain ???????? Dan gw cuma jawab iya iya aja karena males ribut. Gw ga berani ke Santorini Park sendiri karena tempatnya lumayan jauh dari bangkok dan gw ga mungkin sendirian banget kesana.

Dan sebelum gw berantem sama dia, gw bilang "hari ini kita mencar aja ya gw mau pergi sendiri". Dan dese kaya ga terima gitu gw ngomong kaya gitu, dan tiba-tiba dese negor gw dengan mukanya yang antagonis, dan nada ngomongnya kaya orang ngajak ribut, meskipun gw tau dia emang mimik mukanya begitu, tapi ga selamanya gw mau ngerti dia kaya gitu. Apalagi posisinya disini gw yang merasa "TERASINGKAN", apalagi posisinya disini yang harusnya bete dan marah gw. Dan disitulah terjadi perang dunia antar sahabat, gw yang awalnya diem dan ngalah buat ga bahas, tiba-tiba harus ngejelasin semua yang gw pendem dan hasilnya apa ?? DIA GA NGERTI ! hasilnya apa ? DIA MERASA DIA BENAR ! Tuh kan gw bilang juga apa, mending gw diem, serba salah, diem salah dijelasin juga salah.

Sebenernya hal yang pengen gw jelasin disini adalah :

1. Gw ga suka kalau perjanjian diawal dilanggar, kalau sekali it's oke, tapi kalau dua kali gw ga bisa nerima, jadi wajar dong gw bilang "gw mau mencar sendiri aja", tapi dinilai sama dia gw egois dan aneh. Ya terserah lah yaaaaaa gw udah ga peduli.  Iya hidup lo paling bener deh ya.

2. Gw cuma minta hargain kerja keras gw bikin itinerary, hargain usaha gw buat nyiapin semua hal buat ngetrip, cuma minta hargai itu aja koq.

3. Gw cuma pengen dia ngerti posisi gw yang "sendiri" yang berada ditengah-tengah mereka sebagai pasangan, ini juga pelajaran buat gw next time gw udah ga mau pergi bareng temen sama pasangannya. Harusnya kalo dia sahabat yang baik, ga melulu kemana-mana nempel sama lakinya, harusnya dia juga rangkul gw buat "yuk bareng-bareng jalannya"

4. Disini yang harusnya marah itu gw, yang harusnya kesel itu gw, kenapa jadi dia yang marah-marah? cukup bilang "maaf" atau ngerti posisi gw dengan bilang "yaudah kalo mau mencar gpp". kenapa harus bahas dengan nada angkuh?

5. Harusnya dia ga egois di Liburan ini, egois dalam hal apa ? tau di jadwal kita mau ke santorini park harusnya dia pisahin uang khusus buat ke santorini, jangan diabisin buat jualan, dia dapet untung jualan, lah gw di trip kali ini dapet untung apaan? gw udah pernah ke Bangkok jadi buat apa gw ngabisin waktu 3 hari di Bangkok cuma ke mall jalan-jalan, kecuali diawal dia ngejelasin kita di Bangkok aja gw kan bisa bawa duit lebih seengganya buat belanja atau jualan juga.

Yaudahlah, di TKP (udah kaya apaan kali) gw udah jelasin semuanya yang menurut gw bener, tapi dia ngerasa apa yang gw bahas itu semua ga bisa dimengerti.

Tanpa ba bi bu abis adu mulut sama itu orang, gw langsung packing semua barang gw, padahal harusnya gw masih sisa 1 malem disitu, dan besok pindah penginapan yang udh di booking pake kartu kredit gw di daerah pratunam. Karena ribut gw mutusin buat pindah hostel sendiri, dan detik itu juga gw langsung booking penginapan yang ga jauh dari hostel tempat gw menginap sama mereka. Gw pindah ke Monomer Hostel Bangkok , dengan perasaan sedih dan kesel gw langsung cabut dan geret-geret koper tanpa pamit sama yang punya hostel.

Untung monomer hostel ini letaknya ga jauh dari BTS Rathcadewi, jadi gw jalan kaki geret koper ga capek-capek banget. Gw pesen 1 kasur di Female dorm 2 malem seharga 800 Bath atau Rp. 304.000, murah kan ? sayangnya gw ga foto kamarnya, adanya video.



Karena gw belum bisa check in, jadi gw cuma titip koper bentar abis itu gw langsung jalan-jalan sendiri, bingung mau kemana gw pun mutusin buat ke Wat Pho, yaudah lah mau kemana lagi abisnya. Dari BTS Ratchadewi turun di Siam terus pindah ke Silom Line turun di Saphan Taksin, sama kaya ke asiatique koq cuma bedanya ke Wat Pho naik boat yang beda lagi, naik boat yang benderanya orange turun di Tha Tien Pier, ongkosnya cuma 14 baht sekali jalan.


Sampe Tha tien pier gw langsung jalan kaki ke Wat Pho, deket banget koq. Terakhir kesini 2013 lalu rada ribet jalannya, sekarang gampang banget. cuma 10 menit jalan kaki.

Harga tiket masuk masih sama kaya 2013 lalu 100 baht, tadinya gw mau ke wat arun, tapi karena kayanya masih renovasi jadi batal deh, cuma ke wat pho aja.

Ga lama disana cuma sejam lebih, karena gw laper jadi gw mutusin buat balik ke hostel aja mau sekalian selonjoran dikasur. Sampe hostel langsung check in dan langsung masuk kamar, kamar dorm female di lantai 3, ga enaknya di hostel ini ga ada lift jadi angkat-angkat kopernya lumayan peer banget, mana berat koper gw, kebetulan hari itu hostel penuh semua, kamar dorm female ini keisi semua ga ada yang kosong kasurnya, menurut gw hostel ini enak banget, bersih, staffnya ramah, ke sevel deket banget, dan ke BTS juga lebih deket jalan kaki cuma 5 menit. 

Sampe kasur gw langsung tepar tidur sampe malem sekitar jam 7. Bangun tidur gw ga mau rugi waktu di Bangkok jadi gw jalan-jalan malem ke MBK Centre plus ke Siam Discovery. Belanja kaos di H&M, plus minum ice cream Mcd, banyak pengalaman lucu selama solo traveling ini, jadi sebenernya malam ini gw tuh maunya ke Central world plaza ke Lol night market, cuma gw lupa tempatnya dimana, gw naik BTS turun di Siam nah di siam gw nanya sama polisi lalu lintas, kira-kira percakapannya gini :
Gw                 : Excuse me sir, I'm looking for Central world, Where is Central World ?
Pak Polisi       : Center ? (gw pikir emang orang thai ngomongnya gitu kali ya)
Gw                 : Yes sir !

Dan dia cuma nunjuk jalan intinya gw disuruh lurus aja, oke gw ikutin apa yang dia bilang, gw jalan kaki dari siam discovery gw cari ga ada tanda-tanda central world nya, gw cuma nemu MBK Centre dong ! Mungkin maksud dia MBK Centre bukan Central World, gw ga ngeh . Yaudah nanggung jalan jauh sekalian aja gw mampir ke MBK Centre, terus abis itu balik lagi ke Siam Discovery mampir ke H&M beli kaos, soalnya kaos gw udah abis dan pada kotor jadi buat besok gw pake yang baru aja. 

Abis dari H&M gw ke MCD, disini juga kejadian lucu ngomong sama kasir MCD. begini kira-kira percakapannya :
Gw       : I want to buy Ice Cone 
Kasir    : no have (sambil melongo kayanya ga ngerti)
Gw      : ha? (gw mikir emangnya Mcd ga punya ice cone ya, terus gw cek menu ga ada gambarnya, gw balik belakangnya ada ! gw tunjuk !)
Gw       : This one (sambil tunjuk gambar ice cone)
Kasir    : Oh I have 

yaelaaaaaah bang dari tadi juga gw kata ituuuuuuuuuuuuu, bedanya tulisan dimenu cuma tertulis cone, gw bilangnya ice cone, beda tipiiiiiiiiiissssssssss banget. harus sabar-sabar kalo solo traveling di negeri orang hahahaha. 


Abis ngemil kentang goreng sama ice cone, gw langsung balik ke hostel, ke central worldnya besok lagi aja masih ada 2 hari di Bangkok. 





Baca sebelumnya..                                                                                                       Baca selanjutnya..