Sebenernya awal mulanya gw memutuskan ke Jogja adalah karena ngasal beli tiket kereta ke Surabaya. Loh? Bingung kan? hahaha.

Jadi gini awalnya, pertengahan oktober lalu gw random tengah malem beli tiket kereta Gaya Baru Malam tujuan ke Surabaya Gubeng keberangkatan tanggal 24 November 2016, sebenernya niat gw mau ke Surabaya adalah gw pengen banget ikutan open trip ke Kawah Ijen, Menjangan, dan Taman Baluran. Dan kebanyakan travel memang menyediakan paket start dari Surabaya, jadilah gw beli tiketnya. Berhubung gw belum menemukan travel buat ke tempat tersebut jadinya gw cuma beli tiket pergi aja dulu, pulangnya gampang belakangan.

Kemudian sambil menunggu sebulan lebih keberangkatan, gw pun rajin cari-cari open trip dan menyocokkan harga, tapi ga nemu satupun travel open trip yang harganya bersahabat (karena jujur aja budget gw ga boleh lebih dari 1 juta), kebanyakan mereka nawarin paketan yang lebih dari itu,  ada yang harganya bersahabat dikantong gw tapi ga jadi berangkat katanya alias cancel. Berhubung gw ga ada budget lebih jadi terpaksa gw memutuskan untuk GAK JADI BERANGKAT. Kebiasaan gw adalah selalu menghanguskan tiket kereta, ini bukan yang pertama kalinya gw menghanguskan tiket kereta. Kalo dipikir-pikir sayang juga ya kalo gw hangusin tiket, jadi gw coba cek kereta yang tiketnya gw beli berhenti di Jogja atau ngga. Ternyata  berhenti dong !!! yeaaaaaaaaaaay.. Akhirnya H-7 menuju keberangkatan gw memutuskan buat ke Jogja aja sendiri, hah sendiri ? Iya sendiri. Eitss tapi tunggu dulu, berangkatnya aja koq yang sendirian, disananya ada temen. :D

Kemudian gw cek tiket kepulangan dari Lempuyangan ke Jakarta buat hari Minggu 27 November 2016, ternyata yang tiket murahnya udah abis dan cuma ada yang mahal, karena gw anak kere yang tetep kekeuh mau liburan tapi murah, jadi gw memutuskan untuk pulang dihari sabtunya yaitu 26 November 2016, sebentar sih cuma dapet 2 hari jalan aja tapi gak apa-apa lah yang penting gw liburan. Hehe

Tiket pulang sudah ditangan, tinggal menunggu hari H tiba, berhubung di Jogja ada temen gw jadi gw memutuskan buat menghubungi temen gw itu siapa tau pas gw di Jogja dia juga lagi ga sibuk dan bisa nemenin gw jalan-jalan, lumayan kan ngirit bayar penginapan sama sewa kendaraan, jadi gw cuma bayarin dia bensin plus makan dan tiket masuk ke tempat yang dikunjungi, pas gw whatsapp orangnya ternyata dia bisa dan bersedia buat nemenin gw jalan-jalan selama di Jogja, yeaaaaaaaaay ! Alhamdulillah rezeki backpacker kere ada aja.

Kamis, 24 November 2016

Duh akhirnya waktu yang ditunggu tiba, koq gw norak banget yah ke Jogja aja senengnya kaya mau ke Korea (padahal belum pernah ke Korea). Maklum lah ya ini kedua kalinya gw menginjakkan kaki di Kota Gudeg, awal ke Jogja waktu backpackeran April lalu (baca disini) gw cuma sempet ke Candi Prambanan dan jalan-jalan malem di Malioboro aja, tempat yang lain belum sempet dikunjungi, makanya pas mau ke Jogja lagi senengnya tuh ga ketolongan. Hehehe.

Berhubung keretanya jam 10.30 pagi, jadi gw harus bangun pagi biar ga ketinggalan kereta, dan berhubung ini tanggal tua (baru gajian besokannya) jadi gw memutuskan buat ke Stasiun Pasar Senen naik Commuter Line dari Stasiun Kebayoran karena naik Gojek mahal 40rb sedangkan gw cuma bawa duit 100rb. Hahahaha aku mah apa atuh ga ada duit nekat pergi. Karena kostan gw di Cilandak gw awalnya mutusin buat naik Angkot jurusan stasiun Kebayoran Lama, berhubung gw bangun rada siang dan pesimis nyampe cepet jadi gw mutusin buat naik gojek ke Stasiun Kebayoran Lama karena pas order ternyata murah cuma 13rb aja.

Sekitar jam 08.30 gw langsung order gojek dan ga nyampe 5 menit langsung dapet drivernya. Sepanjang jalanan menuju stasiun macet banget, yang biasanya cuma 20 menitan jadi 30 menit lebih. Sekitar jam 09.10 gw pun sampe stasiun kebayoran lama, dan langsung kasih uang gojek sebesar 15rb. Karena gw mampir ke Warteg buat bungkus makanan plus beli pulsa gw ketinggalan commuter line yang jurusan ke Tanah Abang dong !!!! Jadinya harus nunggu 20 menitan lagi kereta berikutnya yakni jam 09.40. Hikss..

Ada satu kejadian / drama yang bikin gw sedih dan ngerasa ga enak kepikiran terus, yaitu bayar gojek. Gw inget banget pas mau order gojek fare yang keluar pada saat itu adalah 13rb makanya tadi gw kasih 15rb (biasanya gw ga pernah setega itu ngelebihin cuma 2rb), pas gw lagi nunggu commuter line berikutnya gw langsung nyalain paket data dan mau kasih rate bintang abang gojek tadi gw shock ternyata fare nya bukan 13 rb tapi 19rb ! Shock banget gw, bukan masalah ngerasa dibohongin sama aplikasinya, tapi duit yang gw kasih ke abang gojek kurang 4rb dan Abang gojeknya juga kenapa ga ngomong kalo duitnya kurang, gw jadi sedih dan ngerasa ga enak. Gw langsung telp abang gojeknya minta maaf dan nyuruh balik lagi dan dia malah bilang "gpp Mba saya ikhlas gpp koq" YA ALLAH GA TEGAAAAAAAAAAAAA !!! :'(

Oke udahan drama abang gojeknya kita lanjut ke drama mengejar kereta api ke Jogja, commuter line pun datang dan gw langsung masuk ke gerbong kereta, pagi itu keretanya penuh dengan orang-orang yang berangkat kerja, harusnya lama perjalanan dari Stasiun Kebayoran ke Tanah Abang cuma 15 menit, tapi saat itu entah kenapa kereta sempet berhenti lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. sekitar 10 menit berhenti dan baru sampe stasiun tanah abang itu jam 10.00 sodara-sodara !!! kebayang kan gw paniknya kaya apa ? coba lo pikir jam 10.00 gw masih nungguin kereta ke Senen dan 10.30 kereta ke Jogja berangkat !

Ga lama commuter line menuju stasiun jatinegara pun tiba, gw langsung masuk ke gerbong kereta dan duduk cantik, perasaan gw ga enak, gw lihat jam menunjukkan pukul 10.05, gw iseng nanya ke mba-mba sebelah dari sini ke stasiun pasar senen berapa lama ya ? Mba-mba itu pun menjawab "Kalo kereta ini ga berhenti di Stasiun pasar senen mba, berhentinya setelah pasar senen terus nanti mba lanjut naik yang ke arah kampung bandan baru dia behenti". Dan gw langsung dropppppppp !! Untungnya kereta belum jalan dan gw langsung buru-buru keluar lari-lari keluar stasiun, dan deposit gw HANGUS 10rb karena harusnya gw keluar stasiun Pasar Senen, mau ngirit kenapa jadi boros :'(

Gw langsung keluar dan cari ojek yang mangkal didepan stasiun tanah abang, gilaaaaaa gw nawar ke stasiun pasar senen mereka mahal banget ngasih tarifnya, masa dikasih 30rb. arrrrrrghhhhhhhhhhh. Pura-pura ga butuh gw langsung ngeloyor aja padahal gw butuh banget, pada saat itu jam menunjukan pukul 10.10 (20 menit lg keretanya berangkat). Akhirnya ada yang mau gw tawar 20rb gw langsung naik dan bilang sama abangnya kalo gw lagi buru-buru, dan dia ngebuuuuuuuuuuuuuuuut ! entahlah gw ga kepikiran resiko dibawa ngebut, biasanya gw marah-marah kalo dibawa ngebut sama siapapun, kali ini gw pasrah. Sepanjang jalanan menuju Stasiun Pasar Senen macet paraaaaaaah, arrrrrrrgh gw mau loncat dari motor rasanya :(

Tepat jam 10.20 gw dan abang gojeknya sampe stasiun pasar senen, gw lebihin jadi 25rb deh tuh ya gw langsung lari-lari ke tempat nyetak tiket yang jauhnya naudzubillah, sambil gendong ransel yang beratnya amit-amit gw lari-lari alhamdulillah 5 menit sebelum kereta berangkat gw udah bisa masuk kereta. Hiksssssssssssss. jadi keinget pernah ngejar pesawat di Bali kaya gini capenya.

Dan gw udah ga sempet mampir alfamart buat beli cemilan, duit sisa 50rb, niatnya mau ngirit ga taunya ongkos abis gede juga, tau gitu mah naik gojek aje dari tadi. hiksssssss. Untung gw beli makan warteg tadi, tapi tetep aja gw laper lagi dan terpaksa beli makan di kereta yang harganya mahal bgt 30rb, yaudahlah ya daripada gw mati kelaparan.

Selama diperjalanan gw tidur, nonton, dan dengerin Musik. Sekitar jam 19.30 keretapun tiba di stasiun lempuyangan, disambut dengan hujan deras, gw pun dijemput sama temen gw.
Udah ga nafsu makan apapun karena cape dan hujan deras di Jogja jadi gw cuma mutusin buat langsung ke kostan temen gw dan makan mie rebus disana aja (duit sisa 20rb mak).

Pengalaman yg amat sangat berkesan banget, pelajaran kedepannya jangan mepet banget kalo mau ke stasiun atau bandara, atau sebelum berangkat ke stasiun harus bisa memperkirakan jarak tempuh dari rumah ke stasiun, juga cek waze macet atau ngga jadi biar ga kelabakan panik pas dijalan. Cerita petualangan hari pertama di Jogja bakal gw posting dipostingan berikutnya yaa..